Perubahan Kata Kerja iku 行く (pergi)

Iku 行く (pergi)
to go
Golongan 1 Godan Doushi
Bentuk te itte 行って
Stem iki 行き

Waktu sekarang / akan datang
Present / future

Sopan
Sederhana
+
ikimasu
行きます
iku
行く
-
ikimasen
行きません
ikanai
行かない

Waktu lampau
Past

Sopan
Sederhana
+
ikimashita
行きました
itta
行った
-
ikimasen deshita
行きませんでした
ikanakatta
行かなかった

Sedang melakukan
Present Progressive

Sopan
Sederhana
+
itte imasu
行って います
itte iru
行って いる
-
itte imasen
行って いません


Sedang melakukan lampau
Past Progressive

Sopan
Sederhana
+
itte imashita
行って いました
itte ita
行って いた
-
itte imasen deshita
行って いませんでした


Bersyarat (~ eba)
Conditional (~ eba)

Sopan
Sederhana
+
ikimaseba
行きませば
ikimasureba
行きますれば
ikeba
行けば
-
ikimasen nara
行きませんなら
ikanakereba
行かなければ

Bersyarat (~ tara)
Conditional (~ tara)

Sopan
Sederhana
+
ikimashitara
行きましたら
ittara
行ったら
-
ikimasen deshitara
行きませんでしたら
ikanakattara
行かなかったら

Perintah
Imperative

Sopan
Sederhana
+
itte kudasai
行ってください
ike
行け
-
ikanai de kudasai
行かないでください
iku na
行くな

Kesanggupan
Potential

Sopan
Sederhana
+
ikemasu
行けます
ikeru
行ける
-
ikemasen
行けません
ikenai
行けない

Anggapan / kemauan
Volitional / Presumptive

Sopan
Sederhana
+
ikimashō
行きましょう
iku deshō
行くでしょう
ikō
行こう
iku darō
行く だろう
-
ikanai deshō
行かないでしょう
ikanai darō
行かないだろう

Anggapan lampau
Past Presumptive

Sopan
Sederhana
+
itta deshō
行ったでしょう
ittarō
itta darō
行っただろう
-
ikanakatta deshō
行かなかったでしょう
ikanakatta darō
行かなかっただろう

Kausatif
Causative

Sopan
Sederhana
+
ikasemasu
行かせます
ikaseru
行かせる
-
ikasemasen
行かせません
ikasenai
行かせない

Pasif
Passive

Sopan
Sederhana
+
ikaremasu
行かれます
ikareru
行かれる
-
ikaremasen
行かれません
ikarenai
行かれない

Popular posts from this blog

Perubahan Kata Kerja aru ある (ada)

Perubahan Kata Kerja kuru 来る (datang)