Perubahan Kata Kerja aku 開く (terbuka)

Aku 開く (terbuka)
to open
Golongan 1 Godan Doushi
Bentuk te aite 開いて
Stem aki 開き

Waktu sekarang / akan datang
Present / future

Sopan
Sederhana
+
akimasu
開きます
aku
開く
-
akimasen
開きません
akanai
開かない

Waktu lampau
Past

Sopan
Sederhana
+
akimashita
開きました
aita
開いた
-
akimasen deshita
開きませんでした
akanakatta
開かなかった

Sedang melakukan
Present Progressive

Sopan
Sederhana
+
aite imasu
開いて います
aite iru
開いて いる
-
aite imasen
開いて いません


Sedang melakukan lampau
Past Progressive

Sopan
Sederhana
+
aite imashita
開いて いました
aite ita
開いて いた
-
aite imasen
deshita
開いて いませんでした


Bersyarat (~ eba)
Conditional (~ eba)

Sopan
Sederhana
+
akimaseba
開きませば
akimasureba
開きますれば
akeba
開けば
-
akimasen nara
開きませんなら
akanakereba
開かなければ

Bersyarat (~ tara)
Conditional (~ tara)

Sopan
Sederhana
+
akimashitara
開きましたら
aitara
開いたら
-
akimasen deshitara
開きませんでしたら
akanakattara
開かなかったら

Perintah
Imperative

Sopan
Sederhana
+
aite kudasai
開いてください
ake
開け
-
akanai de
kudasai
開かないでください
aku na
開くな

Kesanggupan
Potential

Sopan
Sederhana
+
akemasu
開けます
akeru
開ける
-
akemasen
開けません
akenai
開けない

Anggapan/kemauan
Volitional / Presumptive

Sopan
Sederhana
+
akimashō
開きましょう
aku deshō
開くでしょう
akō
開こう
aku darō
開く だろう
-
akanai deshō
開かないでしょう
akanai darō
開かないだろう

Anggapan lampau
Past Presumptive

Sopan
Sederhana
+
aita deshō
開いたでしょう
aitarō
aita darō
開いただろう
-
akanakatta deshō
開かなかったでしょう
akanakatta darō
開かなかっただろう

Kausatif
Causative

Sopan
Sederhana
+
akasemasu
開かせます
akaseru
開かせる
-
akasemasen
開かせません
akasenai
開かせない

Pasif
Passive

Sopan
Sederhana
+
akaremasu
開かれます
akareru
開かれる
-
akaremasen
開かれません
akarenai
開かれない

Popular posts from this blog

Perubahan Kata Kerja iku 行く (pergi)

Perubahan Kata Kerja aru ある (ada)

Perubahan Kata Kerja kuru 来る (datang)